Inilah Manfaat Bunga Telang untuk Kesehatan

Inilah Manfaat Bunga Telang untuk Kesehatan – Seperti yang sudah sangat banyak kita ketahui bahwa bunga biasanya di gunakan sebagai hiasan di dalam ataupun di luar rumah karena dapat memberikan aroma dan juga keindahan yang berdampak baik untuk kesehatan.

Bunga telang ungu merupakan jenis tumbuhan merambat yang memiliki habitat di dalam hutan atau di pekarangan. Bunga yang memiliki warna biru keunguan ini juga termasuk ke dalam tumbuhan polong-polongan yang awal mulanya berasal dari Amerika Selatan bagian tengah, lalu menyebar ke daerah tropis terutama Asia pada abad ke-19.

Inilah Manfaat Bunga Telang untuk Kesehatan

Bunga telang ungu memiliki nama latin Clitoria ternatea. Namun uniknya, di Indonesia bunga ini memiliki nama berbeda di setiap daerah. Selain bisa bermanfaat untuk menyehatkan dan menyembuhkan beberapa penyakit, tanaman yang satu ini juga bisa digunakan sebagai pewarna alami makanan orchidcontainers karena warnanya yang terang dan cantik.

1. Meningkatkan kesehatan otak
Dikutip dari Medicine Net, terdapat penelitian hewan yang menunjukkan bahwa bunga telang ungu dapat meningkatkan kadar asetilkolin. Asetilkolin merupakan zat yang baik untuk kesehatan otak.
Kadar asetilkolin yang tinggi telah terbukti mampu mencegah pikun akibat usia dan meningkatkan daya ingat.
Kamu bisa mengonsumsi teh bunga telang ungu supaya bisa meningkatkan kemampuan berpikir dan juga kesehatan otak secara umum.

2. Dapat meningkatkan kesehatan kulit
Perlu kamu ketahui kalau bunga telang ungu sangat efektif dalam meningkatkan kesehatan kulit karena mengandung flavonoid.

Dikutip dari Healthy Sketch, flavonoid yang ada dalam bunga telang ungu yang sudah dijadikan teh dapat membantu merangsang produksi kolagen, membantu mengembangkan dan menjaga elastisitas kulit.
Minum secangkir telang ungu hangat secara teratur dapat membersihkan tubuh, mencerahkan kulit, menghilangkan bintik hitam, dan warna kulit tidak merata.

3. Membuat rambut lebih sehat
Tak hanya untuk menyehatkan tubuh, ternyata bunga telang ungu juga memiliki manfaat untuk memelihara kesehatan rambut lho!
Dikutip dari Medicine Net, bunga telang ungu memiliki kandungan yang dapat memperkuat folikel rambut, meningkatkan pertumbuhan rambut, mengurangi rambut rontok, dan memperlambat rambut beruban. Bunga telang ungu juga digunakan sebagai bahan dalam banyak sampo rambut, kondisioner, dan produk rambut lainnya.